Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Kebutuhan Batu Untuk Jalan

Contoh pekerjaan jalan Telford (Onderlagh) 
 
Pembangunan jalan umum biasanya menggunakan batu sebagai progres awal sebelum di beton atau di aspal. Jalan batu kerap disebut Onderlagh atau Jalan Telford

Lalu bagaimana cara menghitung kebutuhan batu untuk jalan? Cara hitungnya sangat mudah karena yang batu akan kita butuhkan yaitu satuan kubik. Adapun jenis batu yang digunakan untuk pembuatan jalan Telford adalah jenis batu belah (batu pecah) yang berukuran 30mm - 50mm.

Untuk menghitung jumlah kebutuhan batu yang diperlukan pada pekerjaan jalan Telford, dapat kita hitung dengan mudah yaitu menggunakan rumus volume kubikasi.

Tebal Lapisan Batu X Lebar Jalan x Panjang Jalan X Faktor Los

Untuk menghitung volume kebutuhan batu untuk jalan kita harus menggunakan satuan meter. Misal Tebal dan lebar jalan harus dalam satuan meter. Meskipun ketebalan jalan batu tersebut 20 cm tetap acuan pada satuan meter menjadi 0,20 meter

Panjang harus dalam satuan meter, Seandainya jalannya panjang ber-kilometer. tetap kita konversi ke satuan meter. Misal Misal panjang jalan 2 KM berarti panjangnya 2.000 meter. 

Begitu juga dengan Faktor Loss (Kehilangan) atau faktor susut material. Faktor los sudah ada ketentuan yaitu 1,3. Faktor loss disebabkan bahwa batu yang disusun rapi tidak makan tempat sebanyak batu yang masih acak-acakan. Kemudian ada sedikit batu hilang dalam proses pemecahan batu, terhanyut pada saat hujan.

Contoh Cara Menghitung Kebutuhan Batu untuk Perkerasan Jalan Telford (Onderlagh)

Misal kita akan membangun jalan Telford dengan panjang 5 KM, Dengan lebar jalan 4 meter dan Tebal Lapisan batu pecah 20cm. Berapa kubik kebutuhan batu yang diperlukan? 

Panjang Jalan 5 KM = 5000 meter
Lebar Jalan = 3 meter
Tebal Jalan 20cm = 0.2 meter

Kebutuhan Batu :
= 0.2 m x 4 m x 5000 m x 1,3
= 5.200 m3

Jadi kebutuhan batu untuk jalan onderlagh sepanjang 5 kilometer dengan lebar jalan 4 meter dan ketebalan lapisan batu 20cm membutuhkan batu pecah sebanyak 5.200 kubik.