Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghitung kebutuhan Plafon PVC + Hollow


Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC -Konstruksi plafon tidak hanya melindungi sistem kelistrikan di dalam rumah, namun juga melindungi dari rintikan rembesan air dan panas supaya tidak langsung menembus ruang bawah.

Dinamika plafon mengalami perubahan seiring waktu hingga saat ini penggunaan plafon pvc cukup pesat, banyak pemilik rumah mengganti plafon yang awalnya gypsum, triplek, kayu menjadi plafon pvc.

Kalau misalnya kita akan memasang plafon pvc sudah pasti akan menghitung terlebih dahulu volume ruangan supaya penghitungan material plafon pvc bisa diketahui.

Nah pemasangan plafon pvc biasanya dibarengi dengan pembelian tulangan berupa besi hollow sebagai wadah untuk memasang plafon. Akan kita ulas cara mudah hitung material plafon pvc plus hollow.

Cara Hitung Material Plafon PVC

Seperti kita ketahui secara umum spesifikasi ukuran papan plafon PVC yaitu panjang 3m 4m 5m dan 6m. Namun yang umum digunakan adalah
  • Plafon Panjang 4 m
  • Lebar Plafon 20cm
Artinya dalam 1 lembar papan plafon pvc memiliki volume ukuran 4m x 20cm = 0,8 m²

Cara Hitung Material Plafon PVC

Saat ini, ukuran plafon PVC yang dijual di pasaran memiliki ukuran sekitar 3 meter, 4 meter, 5 meter dan 6 meter. Sementara untuk lebarnya, rata-rata berkisar 20 cm, dengan ketebalan sekitar 6-8 mm.

Volume Papan Plafon PVC sesuai Ukuran
  • P 3m = V 0,6m²
  • P 4m = V 0,8m²
  • P 5m = V 1m²
  • P 6m = V 1,2m²
Cara menghitung kebutuhan plafon PVC yang bisa dilakukan, yaitu dengan menghitung luas ruangan dengan panjang dan lebar dari plafon.

Misalnya luas ruangan dan langit-langit untuk rumah tipe 36, adalah 36 meter persegi. Sedangkan lembaran plafon PVC yang akan dipasang berukuran 3 meter. Maka perhitungannya adalah 36 meter persegi x 0,6 meter x  = 28,8 lembar papan plafon pvc. Atau dibulatkan jadi 30 lembar papan.