Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa kubik hebel untuk rumah 6x15? Ini rinciannya

Menghitung kebutuhan material bata ringan hebel untuk Rumah ukuran 6x15 sangat mudah karena kita hanya perlu mengetahui total panjang seluruh dinding yang akan dibangun, kemudian kita kalikan dengan tinggi.

Hasil perkalian tersebut barulah kita konversi kedalam kebutuhan hebel dalam analisa kubik (m3). Pada umumnya panjang keseluruhan dinding rumah ukuran 6x15 itu sama, perbedaan nya selisih terletak pada denah atau pola.

Akan kita hitung jumlah kubikasi hebel yang dibutuhkan untuk membangun rumah ukuran 6x15, Kita simulasi saja pada gambar denah dibawah ini. 
Denah rumah 6x15 (Foto rwhome.web.id) 
Berapa kubik hebel untuk rumah 6x15 tersebut? perhatikan ukuran panjang dinding dan lebar dinding, kita akumulasi dahulu, ini rinciannya:

Total Panjang dinding: 15+15+10 = 40 m1
Total Lebar dinding : 2+6+6+6+6+2 = 28 m1
Total keliling seluruh dinding = 68 m1

Hitungan Volume Dinding

Jika tinggi tembok yang akan kita bangun 4m berarti luas keliling 68m x 4m = 272 meter persegi (m²)

Hitungan Kubikasi Hebel tebal 10cm

Untuk menghitung nya Kita mengacu pada pemakaian hebel yang memiliki tebal 10cm, yang dalam 1 kubik nya berjumlah 83 hebel. Ketika dipasang akan mendapatkan volume dinding 10 meter persegi.

Jadi rumah 6x15 seperti denah gambar di atas membutuhkan hebel dengan perhitungan sebagai berikut 272 : 10 = 27,2 kubik hebel

Jika Pakai Hebel tebal 7,5cm

Ukuran hebel tebal 7,5cm dalam 1 kubiknya memiliki sebanyak 111 hebel. Ketika ini dipasang umumnya mendapatkan volume di dinding sebanyak 12 meter persegi. 

Jika memakai hebel 7,5cm berarti jumlah kebutuhan hebelnya adalah 272 : 12 = 22,6 kubik hebel. Itulah jumlah kubikasi hebel untuk rumah ukuran 6x15.

Faktanya volume pemasangan hebel tidak sepenuhnya sama karena jika lem perekat terlalu tebal maka volume dinding akan semakin luas. Tetapi yang umum konversi kubikasi hebel saat dipasang akan mendapatkan volume dinding sebagai berikut:
  • Hebel tebal 10cm isi 83 pcs jadi dinding antara 10m2 sampai 11 m2
  • Hebel tebal 7,5cm isi 111pcs jadi dinding antara 12m2 sampai 14m2
7 Keunggulan Hebel

Kelebihan hebel jika dibandingkan bata merah atau sejenis nya lebih unggul karena banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk material lain. . Berikut telah kami rangkum menjadi beberapa poin mengenai kelebihan atau keunggulan dari Hebel

1. Hebel Ringan dan Efisien

Hebel punya bobot yang lebih ringan daripada batu bata dan batako. Inilah yang membuat batu ini menjadi pilihan karena lebih efisien saat proses pengerjaan bangunan. Selain itu, hebel ini memiliki banyak rongga udara di dalamnya sehingga tergolong lebih ringan. Walau begitu, batu ini tetap kuat


2. Hebel sangat Mudah Pemasangannya

Kelebihan hebel saat pemasangan mudah karena Bobot yang ringan dan tekstur permukaan rata, menjadikan batu hebel sebagai material yang mudah pemasangannya.

Ukurannya yang simetris membuat pemasangan batu hebel menjadi rapi tidak memerlukan waktu yang lama. Berbeda dari batu lain, yang harus disesuaikan terlebih dahulu. Kelebihan hebel lainnya pada saat proses pemotongan, batu hebel juga cukup mudah dan tidak akan pecah berkeping-keping, berbeda dari batu lain yang memerlukan kesabaran lebih tinggi.

3. Hebel Kedap suara dan air

Batu hebel memiliki dasar bentuk yang solid sehingga mampu menghambat suara untuk masuk ke dalam atau dikenal dengan kedap suara. Hal ini bisa memberikan privasi di dalam hunian karena tidak akan terdengar hingga bagian luar rumah.

Selain kedap suara, material hebel juga tahan terhadap air, apalagi jika ditambah dengan finishing yang tepat. Tentu, batu ini mampu menghalau rembesan air masuk ke dalam.

4. Finishing Hebel Lebih Mudah

Karena permukaan yang sudah rata, kamu tidak lagi memerlukan pelabisan yang sangat tebal pada dinding hebel mu. Apalagi, sekarang ini banyak orang menerapkan gaya industrial, yang membiarkan tampilan unfinished pada dinding rumah.

5. Hebel Memiliki ketahanan tinggi

Meski memiliki banyak rongga udara di dalamnya, tetapi batu hebel punya ketahanan yang sangat tinggi. Bahkan banyak yang mengatakan kekuatan batu ini sekuat beton.

Hal ini disebabkan oleh bobotnya yang ringan sehingga dapat menahan getaran atau goncangan. Selain itu, hebel juga telah memenuhi standar anti gempa. Tidak heran banyak bangunan-bangunan tinggi yang menggunakan jenis batu ini sebagai fondasi bangunan.

6. Hebel Tahan udara panas

Batu behel memiliki ketahanan suhu yang baik, terutama terhadap udara panas. Material bangunan ini mampu menghalau udara panas dari luar. Jadinya, bagian dalam rumah tidak menjadi panas sehingga cocok untuk membangun rumah di daerah tropis.

7. Ukuran Hebel Yang Simetris

Kelebihan hebel yang ketujuh adalah ukuran yang simetris, Karena potongan dilakukan cetakkan mesin, ukuran dan bentuk dari batu hebel pun lebih rapi alias presisi. Jadi, tidak akan ditemukan hebel dengan ukuran berbeda.