Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Hebel Untuk Kamar 3x3 dan Rinciannya

Berapa Kubik Hebel Untuk Kamar 3x3 ? Jumlah kebutuhan nya akan kita hitung dalam penjelasan dibawah ini dengan perhitungan yang sangat mudah. Bata ringan atau hebel telah banyak diminati oleh masyarakat karena jauh lebih efisien dibandingkan dengan material lain.

Misalnya kita ingin menambah ruangan atau membuat kamar ukuran 3x3 dengan dinding bata ringan hebel maka yang kita hitung adalah volume dinding satuan meter persegi. Ketika volume dinding sudah diketahui selanjutnya kita konversi ke kubikasi atau bisa juga konversi satuan. 

Jumlah Hebel untuk Kamar 3x3 Menggunakan hebel tebal 7,5cm

Ukuran Kamar 3x3m
Tinggi Dinding 3,5m
Jumlah Hebel = 3x3,5 x 4 sisi = 42 m²
Konversi kubikasi = 42 : 13 = 3,23 Kubik

Jadi kebutuhan Hebel untuk kamar 3x3 tersebut membutuhkan 3,23 kubik, atau dibulatkan saja pesan 3 kubik Hebel. Dibulatkan menjadi 3 kubik Karena ada Potongan untuk pintu 3mx70cm = 21 = 0,21 kubik. 

Acuan pembagian 13 meter di atas untuk hebel tebal 7,5cm. 1 kubik nya berisi 111 pcs hebel dan bisa terpasang jadi dinding kamar sebanyak 13 m2. Bagaimana jika kamar tersebut menggunakan hebel tebal 10cm ? Tentu jumlah nya berbeda. Berikut rincian nya

Jumlah Hebel untuk Kamar 3x3 Menggunakan hebel tebal 10 cm

Konversi kubikasi = 42 : 10 = 4,2 Kubik

Jadi jika pakai hebel tebal 10cm kebutuhan Hebel untuk kamar 3x3 tersebut membutuhkan 4,2 kubik, atau dibulatkan saja pesan 4 kubik Hebel Karena ada Potongan untuk pintu 3mx70cm = 21 = 0,21 kubik. 

Acuan pembagian 10 meter di atas untuk hebel tebal 10cm. 1 kubik hanya berisi 83 pcs hebel dan bisa terpasang jadi dinding kamar sebanyak 10 m2. 

Kesimpulan Jumlah Hebel Kamar 3x3

1. Jika Pakai hebel tebal 7,5cm
Kebutuhan 3 kubik dengan total hebel nya 3x111 pcs  = 333 pcs hebel

2. Jika Pakai hebel tebal 10cm
Kebutuhan 4 kubik dengan total jumlah hebelnya adalah 4 x 83 pcs = 332 Pcs Hebel. 


7 Keunggulan Hebel

Kelebihan hebel jika dibandingkan bata merah atau sejenis nya lebih unggul karena banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk material lain. . Berikut telah kami rangkum menjadi beberapa poin mengenai kelebihan atau keunggulan dari Hebel

1. Hebel Ringan dan Efisien

Hebel punya bobot yang lebih ringan daripada batu bata dan batako. Inilah yang membuat batu ini menjadi pilihan karena lebih efisien saat proses pengerjaan bangunan. Selain itu, hebel ini memiliki banyak rongga udara di dalamnya sehingga tergolong lebih ringan. Walau begitu, batu ini tetap kuat


2. Hebel sangat Mudah Pemasangannya

Kelebihan hebel saat pemasangan mudah karena Bobot yang ringan dan tekstur permukaan rata, menjadikan batu hebel sebagai material yang mudah pemasangannya.

Ukurannya yang simetris membuat pemasangan batu hebel menjadi rapi tidak memerlukan waktu yang lama. Berbeda dari batu lain, yang harus disesuaikan terlebih dahulu. Kelebihan hebel lainnya pada saat proses pemotongan, batu hebel juga cukup mudah dan tidak akan pecah berkeping-keping, berbeda dari batu lain yang memerlukan kesabaran lebih tinggi.

3. Hebel Kedap suara dan air

Batu hebel memiliki dasar bentuk yang solid sehingga mampu menghambat suara untuk masuk ke dalam atau dikenal dengan kedap suara. Hal ini bisa memberikan privasi di dalam hunian karena tidak akan terdengar hingga bagian luar rumah.

Selain kedap suara, material hebel juga tahan terhadap air, apalagi jika ditambah dengan finishing yang tepat. Tentu, batu ini mampu menghalau rembesan air masuk ke dalam.

4. Finishing Hebel Lebih Mudah

Karena permukaan yang sudah rata, kamu tidak lagi memerlukan pelabisan yang sangat tebal pada dinding hebel mu. Apalagi, sekarang ini banyak orang menerapkan gaya industrial, yang membiarkan tampilan unfinished pada dinding rumah.

5. Hebel Memiliki ketahanan tinggi

Meski memiliki banyak rongga udara di dalamnya, tetapi batu hebel punya ketahanan yang sangat tinggi. Bahkan banyak yang mengatakan kekuatan batu ini sekuat beton.

Hal ini disebabkan oleh bobotnya yang ringan sehingga dapat menahan getaran atau goncangan. Selain itu, hebel juga telah memenuhi standar anti gempa. Tidak heran banyak bangunan-bangunan tinggi yang menggunakan jenis batu ini sebagai fondasi bangunan.

6. Hebel Tahan udara panas

Batu behel memiliki ketahanan suhu yang baik, terutama terhadap udara panas. Material bangunan ini mampu menghalau udara panas dari luar. Jadinya, bagian dalam rumah tidak menjadi panas sehingga cocok untuk membangun rumah di daerah tropis.

7. Ukuran Hebel Yang Simetris

Kelebihan hebel yang ketujuh adalah ukuran yang simetris, Karena potongan dilakukan cetakkan mesin, ukuran dan bentuk dari batu hebel pun lebih rapi alias presisi. Jadi, tidak akan ditemukan hebel dengan ukuran berbeda.