Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Hebel Untuk Rumah Type 45 dan Biayanya

Berapa Jumlah hebel untuk rumah type 45 dan Biayanya? akan diulas dengan perhitungan sederhana dan mudah dimengerti. Secara umum rumah type 45 adalah rumah yang berukuran cukup lapang dan luas diantara type rumah lainnya.

Rumah tipe 45 umumnya dibangun dengan dimensi 6 x 7,5 meter. Luas tanah rumah tipe 45 umumnya sekitar 72, 90 dan 96 meter persegi. Sebagai rumah yang lebih luas, akan didapatkan rumah dengan 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang cukup besar.

Untuk luas dinding rumah type 45 umumnya memiliki panjang keliling 40 meter dan tinggi dinding 4 meter. Jika diakumulasi volume dinding hebel nya yaitu 40m x 4m = 160 m2. Perhatikan contoh rumah type 45 dibawah ini
Contoh denah rumah Type 45 (Foto lamudi) 

Jumlah Hebel Rumah Type 45

Hebel berukuran 60x20cm sedangkan ketebalan yang paling populer di masyarakat terdiri dari 2 jenis yaitu tebal 10cm dan tebal 7,5cm. Dalam jumlah 1 kubik nya kedua jenis hebel tersebut berbeda.

1 kubik hebel tebal 10cm berisi 83 pcs dan jika dipasang akan menjadi dinding sebanyak 10 meter persegi. Sedangkan Hebel tebal 7,5cm berisi 111 pcs. Jika dipasang akan menjadi dinding sebanyak 13 meter persegi. 

Jika Menggunakan Hebel tebal 10cm

Untuk rumah type 45 di atas jika kita menggunakan hebel tebal 10cm maka kebutuhan hebel nya adalah sebagai berikut:
Volume dinding : 10m = 160 m : 10 = 16 kubik hebel. atau jumlah isinya 16 kubik x 83 = 1.328 pcs hebel

Jika Menggunakan Hebel Tebal 7,5cm

Jumlah volume dinding dibagi 13 meter, konversinya yaitu 160 m : 13 = 12,3 kubik atau dibulatkan menjadi 13 kubik. Untuk jumlah isinya yaitu 13 kubil x 111 pcs = 1.443 pcs hebel. Itulah analisa perhitungan kebutuhan jumlah hebel untuk rumah type 45.

Jumlah Lem Perekat Hebel rumah type 45

Dalam pelaksanaan pemasangan dinding hebel menggunakan semen khusus atau disebut lem perekat / Mortar. Kebutuhan 1 sak lem perekat bisa mengcover pemasangan 1 kubi hebel. Jadi tinggal berapa kubik kita pesan hebel maka jumlah lem perekat nya juga sama. Jika beli 13 kubik hebel maka lem perekat nya juga 13 sak.

7 Keunggulan Hebel

Kelebihan hebel jika dibandingkan bata merah atau sejenis nya lebih unggul karena banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk material lain. . Berikut telah kami rangkum menjadi beberapa poin mengenai kelebihan atau keunggulan dari Hebel

1. Ukuran Hebel Yang Simetris

Kelebihan hebel yang ketujuh adalah ukuran yang simetris, Karena potongan dilakukan cetakkan mesin, ukuran dan bentuk dari batu hebel pun lebih rapi alias presisi. Jadi, tidak akan ditemukan hebel dengan ukuran berbeda.

2. Hebel Ringan dan Efisien

Hebel punya bobot yang lebih ringan daripada batu bata dan batako. Inilah yang membuat batu ini menjadi pilihan karena lebih efisien saat proses pengerjaan bangunan. Selain itu, hebel ini memiliki banyak rongga udara di dalamnya sehingga tergolong lebih ringan. Walau begitu, batu ini tetap kuat. 

3. Hebel sangat Cepat Pemasangannya

Kelebihan hebel saat pemasangan mudah dan Cepat karena Bobot yang ringan dan tekstur permukaan rata, menjadikan batu hebel sebagai material yang mudah pemasangannya.

Ukurannya yang simetris membuat pemasangan batu hebel menjadi rapi tidak memerlukan waktu yang lama. Berbeda dari batu lain, yang harus disesuaikan terlebih dahulu. Kelebihan hebel lainnya pada saat proses pemotongan, batu hebel juga cukup mudah dan tidak akan pecah berkeping-keping, berbeda dari batu lain yang memerlukan kesabaran lebih tinggi.

4. Hebel Tahan udara panas

Batu behel memiliki ketahanan suhu yang baik, terutama terhadap udara panas. Material bangunan ini mampu menghalau udara panas dari luar. Jadinya, bagian dalam rumah tidak menjadi panas sehingga cocok untuk membangun rumah di daerah tropis.

5. Hebel Kedap suara dan air

Batu hebel memiliki dasar bentuk yang solid sehingga mampu menghambat suara untuk masuk ke dalam atau dikenal dengan kedap suara. Hal ini bisa memberikan privasi di dalam hunian karena tidak akan terdengar hingga bagian luar rumah.

Selain kedap suara, material hebel juga tahan terhadap air, apalagi jika ditambah dengan finishing yang tepat. Tentu, batu ini mampu menghalau rembesan air masuk ke dalam.

6. Finishing Hebel Lebih Mudah

Karena permukaan yang sudah rata, kamu tidak lagi memerlukan pelabisan yang sangat tebal pada dinding hebel mu. Apalagi, sekarang ini banyak orang menerapkan gaya industrial, yang membiarkan tampilan unfinished pada dinding rumah.

7. Hebel Memiliki ketahanan tinggi

Meski memiliki banyak rongga udara di dalamnya, tetapi batu hebel punya ketahanan yang sangat tinggi. Bahkan banyak yang mengatakan kekuatan batu ini sekuat beton.

Hal ini disebabkan oleh bobotnya yang ringan sehingga dapat menahan getaran atau goncangan. Selain itu, hebel juga telah memenuhi standar anti gempa. Tidak heran banyak bangunan-bangunan tinggi yang menggunakan jenis batu ini sebagai fondasi bangunan.